5 Tips Strategi TQM pada Peningkatan Kepuasan Pelanggan

5 Tips Strategi TQM pada Peningkatan Kepuasan Pelanggan merupakan bahasan yang akan saya bagikan kali ini.
Hal ini menjadikan pelanggan sebagai fokus strategi dalam Total Quality Management (TQM). Dan kita perlu memahami bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Dalam dunia bisnis yang kompetitif saat ini, kepuasan pelanggan menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Salah satu cara terbaik untuk memastikan kepuasan pelanggan adalah dengan menerapkan Total Quality Management (TQM), di mana pelanggan dijadikan fokus utama strategi bisnis. Mari kita bahas bagaimana cara menjadikan pelanggan sebagai fokus strategi dalam TQM untuk memenuhi dan melampaui harapan mereka.

Yuk, sama-sama kita pelajari sembari menikmati secangkir kopi di waktu yang tepat ini.

Fokus pada Pelanggan Sebagai Prioritas Utama

Berikut adalah beberapa cara yang dapat diikuti untuk memastikan kita memenuhi dan melampaui harapan pelanggan dari contoh best practices perusahaan kelas Dunia yang saya percaya berguna bagi Anda.

  1. Toyota. Salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, Toyota, dikenal karena komitmennya terhadap TQM. Mereka menerapkan sistem Toyota Production System (TPS), yang memungkinkan mereka untuk memproduksi kendaraan dengan kualitas tinggi dan efisiensi tinggi. Sebagai hasilnya, Toyota berhasil mencapai tingkat kepuasan pelanggan sebesar 90% di tahun 2021.
  2. Apple. Perusahaan teknologi raksasa ini terkenal dengan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi. Apple berkomitmen untuk memahami kebutuhan pelanggan dan menghasilkan produk yang sesuai. Misalnya, pada tahun 2020, Apple merilis iPhone SE generasi kedua dengan harga yang lebih terjangkau, tanpa mengorbankan kualitas. Sebagai hasilnya, Apple mencatat pertumbuhan penjualan iPhone SE sebesar 20% pada kuartal pertama tahun 2021.
  3. Amazon. Raksasa e-commerce ini berfokus pada pelayanan pelanggan yang luar biasa. Dalam upayanya untuk memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, Amazon menginvestasikan banyak sumber daya untuk mengembangkan dan meningkatkan layanan pengiriman mereka. Pada tahun 2021, 89% pelanggan Amazon di AS merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka, dan sekitar 70% dari mereka menganggap Amazon sebagai pilihan utama untuk berbelanja online.
  4. Procter & Gamble (P&G). Perusahaan barang konsumsi ini telah menerapkan TQM dalamnya sejak lama. P&G sangat fokus pada kepuasan pelanggan melalui inovasi produk yang berkualitas. Sebagai contoh, P&G berhasil meningkatkan penjualan produk kebersihan wanita dengan merilis produk pembalut yang lebih nyaman dan aman. Pada tahun 2020, mereka mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 12% di kategori ini.
  5. Unilever. Sebagai salah satu perusahaan FMCG terbesar di dunia, Unilever memiliki komitmen yang kuat terhadap TQM. Dalam rangka memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, Unilever secara proaktif mengidentifikasi kebutuhan dan tren konsumen. Sebagai contoh, mereka meluncurkan produk-produk ramah lingkungan, seperti deterjen yang efisien dalam penggunaan air. Pada tahun 2021, Unilever berhasil mencapai peningkatan penjualan sebesar 5,4% di seluruh portofolio mereka.
Baca lainnya ?  Strategi Pengukuran Kinerja Management

Punya masalah produktivitas? Budget terbatas? Program kerja yang begitu luas? Yuk, diskusikan dengan kami.
PT Mitra Prima Produktivitas membantu Anda memfasilitasi dengan kustomisasi
dan untuk mencapai hasil maksimal tanpa batasa!
“Bergabunglah dengan PT Mitra Prima Produktivitas, lembaga terpercaya dan terkemuka sebagai pemberi jasa layanan pelatihan dan konsultasi di Indonesia dengan pembicara berlisensi internasional untuk bidang quality management system improvement, dan optimalisasi kualitas sistem manajemenmu dengan solusi terbaik!”


Dari contoh-contoh perusahaan kelas dunia ini, kita bisa melihat bahwa kunci sukses dalam menerapkan TQM adalah dengan menjadikan pelanggan sebagai fokus utama. Perusahaan-perusahaan ini menggali lebih dalam untuk memahami kebutuhan pelanggan, menciptakan produk dan layanan yang berkualitas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang mengesankan.

Kita bisa belajar dari contoh mereka untuk menjadikan pelanggan sebagai fokus strategi dalam TQM. Dengan demikian, kita akan mampu memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, yang pada akhirnya akan menghasilkan keberhasilan bisnis yang berkelanjutan.

Mari kita terus berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanan kita, serta berkomitmen untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan tak terlupakan.

5 Tips Strategi Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Berikut adalah 5 tips terkait menjadikan pelanggan sebagai fokus strategi dalam TQM, beserta contoh tindakan yang presisi untuk menginspirasi para pembaca:

  1. Tanggap Terhadap Umpan Balik Pelanggan. Selalu perhatikan dan tanggapi umpan balik yang diberikan oleh pelanggan. Ini akan membantu kita mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Contoh tindakan: Buat kotak saran atau saluran komunikasi online di mana pelanggan dapat memberikan umpan balik mereka. Evaluasi umpan balik tersebut secara berkala dan kembangkan rencana perbaikan berdasarkan masukan yang diterima.
  1. Berikan Pelatihan Layanan Pelanggan. Pastikan seluruh anggota tim memiliki pemahaman yang baik tentang pentingnya kepuasan pelanggan dan bagaimana cara mencapainya. Contoh tindakan: Mengadakan pelatihan berkala untuk karyawan yang mencakup cara berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif, penanganan keluhan, dan teknik-teknik pelayanan pelanggan yang baik.
  1. Fokus pada Inovasi dan Penelitian Berinvestasi dalam inovasi produk dan penelitian pasar untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan. Contoh tindakan: Bentuk tim penelitian dan pengembangan yang fokus pada inovasi produk dan layanan. Melakukan riset pasar untuk memahami kebutuhan pelanggan saat ini dan mendatang, serta mengantisipasi tren yang akan datang.
  1. Ciptakan Pengalaman Pelanggan yang Mengesankan. Usahakan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan kepada pelanggan setiap kali mereka berinteraksi dengan produk atau layanan kita. Contoh tindakan: Buat suasana yang nyaman dan ramah di toko atau kantor kita, serta berikan layanan yang cepat dan efisien. Selain itu, berikan apresiasi kepada pelanggan yang setia, misalnya dengan memberikan hadiah atau diskon khusus.
  1. Konsisten dalam Kualitas Produk dan Layanan. Pastikan bahwa setiap produk atau layanan yang kita tawarkan selalu memiliki kualitas yang konsisten dan memuaskan. Contoh tindakan: Implementasikan sistem kontrol kualitas yang ketat di seluruh proses produksi dan layanan kita. Selain itu, lakukan audit berkala untuk memastikan kualitas tetap terjaga dan ditingkatkan.
Baca lainnya ?  Mengenal Dunia Kewirausahaan dan Peluang Bisnis

Dengan mengikuti tips-tips ini dan menerapkan contoh tindakan yang presisi, kita akan mampu menjadikan pelanggan sebagai fokus strategi dalam TQM. Ini akan membantu kita memenuhi dan melampaui harapan pelanggan, yang pada akhirnya akan menghasilkan keberhasilan bisnis yang berkelanjutan. Semoga tips ini dapat menginspirasi para pembaca untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka.

Selamat belajar dan sukses selalu! Salam Produktivitas!

Dan Anda bisa terus belajar bersama dengan kami di Jago Kaizen dan Coach Wang.

Ingin mempelajari secara langsung dan privat dari Senior Konsultan TOTAL QUALITY MANAGEMENT dan QUALITY IMPROVEMENT SYSTEM?
Anda ingin mengundang trainer atau consulting provider?
PT Mitra Prima Produktivitas adalah provider coaching, mentoring, training, dan consulting ternama di Indonesia untuk kinerja Produktivitas dan peningkatan Profitabilitas.

Bersama Coach Wang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Coach Wang