Strategi untuk Menemukan Judul Buku yang Paling Tepat

Strategi untuk Menemukan Judul Buku yang Paling Tepat, pengin tahu caranya? Ikuti bahasan berkut ini.
Menemukan judul buku yang tepat dapat menjadi tantangan besar bagi penulis. Judul buku yang menarik dan sesuai dengan isi buku dapat membantu meningkatkan minat pembaca dan kesuksesan buku Anda. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk menemukan judul buku yang tepat adalah dengan membuat opsi 10 judul buku dan melakukan survey untuk mendapatkan feedback dari calon pembaca.

Strategi untuk Menemukan Judul Buku

Berikut adalah langkah-langkah untuk strategi tersebut:

  1. Identifikasi tema dan fokus buku. Sebelum membuat opsi 10 judul buku, identifikasi terlebih dahulu tema dan fokus buku Anda. Hal ini akan membantu dalam menghasilkan judul buku yang sesuai dengan isi buku.
  2. Lakukan brainstorming. Setelah mengetahui tema dan fokus buku, lakukan brainstorming untuk menghasilkan berbagai opsi judul buku. Buatlah daftar dengan 10 judul buku yang berbeda untuk mempertimbangkan berbagai opsi.
  3. Pertimbangkan kata-kata kunci. Pertimbangkan kata-kata kunci yang relevan dengan tema dan fokus buku Anda. Gunakan kata-kata tersebut sebagai acuan dalam membuat opsi judul buku.
  4. Gunakan bahasa yang menarik. Gunakan bahasa yang menarik untuk menarik perhatian calon pembaca. Pertimbangkan penggunaan kata-kata yang tidak biasa, permainan kata, atau frasa yang menarik perhatian.
  5. Survey calon pembaca. Setelah membuat opsi 10 judul buku, lakukan survey untuk mendapatkan feedback dari calon pembaca. Survey dapat dilakukan melalui media sosial atau melalui email. Berikan beberapa pertanyaan yang sederhana tentang judul buku, seperti apakah judul buku menarik perhatian, apakah judul buku sesuai dengan isi buku, dan sebagainya.
  6. Pilih judul buku yang sesuai. Setelah mendapatkan feedback dari calon pembaca, pilihlah judul buku yang sesuai dengan hasil survey. Pertimbangkan feedback yang diberikan dan pilih judul buku yang paling sesuai dengan tema, fokus, dan isi buku.

Contoh buku yang menggunakan strategi ini adalah “Atomic Habits” oleh James Clear. Penulis membuat opsi 10 judul buku yang berbeda dan melakukan survey untuk mendapatkan feedback dari calon pembaca. Dari survey tersebut, judul “Atomic Habits” terpilih sebagai judul buku yang paling sesuai dan akhirnya menjadi judul buku yang digunakan.

Dalam menentukan judul buku yang tepat, strategi membuat opsi 10 judul buku dan melakukan survey dapat membantu penulis untuk mendapatkan feedback dari calon pembaca. Ingatlah bahwa judul buku yang menarik dan sesuai dengan isi buku adalah faktor kunci dalam kesuksesan buku Anda. Gunakan waktu yang cukup dan pertimbangkan dengan matang sebelum memilih judul buku yang tepat.

Identifikasi tema dan fokus buku

Identifikasi tema dan fokus buku merupakan langkah awal dalam menulis buku dan juga sangat penting dalam menentukan judul yang tepat. Tema buku biasanya mengacu pada topik utama yang dibahas dalam buku tersebut, sedangkan fokus buku lebih spesifik dan terkait dengan isu-isu yang dibahas dalam tema.

Berikut adalah beberapa tips dalam mengidentifikasi tema dan fokus buku:

  • Kenali minat dan keahlian Anda. Sebelum menentukan tema buku, pertimbangkan minat dan keahlian Anda. Menulis buku tentang topik yang Anda minati dan kuasai dapat membantu Anda menghasilkan buku yang lebih bermutu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki minat di bidang psikologi, maka tema buku yang berkaitan dengan topik ini dapat menjadi pilihan yang tepat.
  • Pertimbangkan tren dan permintaan pasar. Selain minat dan keahlian, pertimbangkan juga tren dan permintaan pasar. Hal ini dapat membantu Anda dalam memilih tema buku yang menarik minat pembaca dan memiliki potensi untuk sukses. Namun, pastikan Anda tidak hanya mengikuti tren semata, tetapi juga memberikan kontribusi unik dan orisinal dalam tema yang dipilih.
  • Buat rencana konten. Setelah menentukan tema, buatlah rencana konten yang lebih spesifik. Identifikasi isu-isu atau topik yang akan dibahas dalam buku. Hal ini akan membantu Anda dalam menentukan fokus buku dan memastikan bahwa buku tersebut memiliki struktur yang jelas dan terorganisir.
  • Pertimbangkan audiens. Pertimbangkan juga audiens yang akan menjadi target pembaca buku Anda. Sebagai contoh, jika buku Anda ditujukan untuk remaja, maka pertimbangkan topik yang relevan dengan kehidupan remaja. Hal ini dapat membantu Anda dalam menentukan tema dan fokus buku yang tepat.
Baca lainnya ?  RAHASIA MEMPERKAYA KONTEN BUKU NON-FIKSI ANDA

Contoh penerapan identifikasi tema dan fokus buku adalah pada buku “The Power of Habit” oleh Charles Duhigg. Tema utama buku ini adalah kebiasaan, sedangkan fokus buku tersebut adalah tentang bagaimana kita dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik dan produktif.

Dalam menentukan tema dan fokus buku, penting untuk mengenali minat dan keahlian Anda, mempertimbangkan tren dan permintaan pasar, membuat rencana konten yang terorganisir, dan mempertimbangkan audiens yang akan menjadi target pembaca. Identifikasi yang tepat akan membantu Anda dalam menentukan judul yang tepat dan menjadikan buku Anda sukses.


“Tunjukkan bakatmu sebagai penulis buku best seller dan berdampak 1 milyar di tahun pertama terbit bersama COACH WAWANG, lembaga jasa coaching dan mentoring terbaik di Indonesia!”


Brainstorming Menemukan Judul Buku yang Tepat

Brainstorming adalah salah satu cara untuk menemukan ide-ide kreatif dan unik dalam menentukan judul buku. Dalam brainstorming, Anda dan tim dapat memunculkan ide-ide secara spontan dan mengembangkannya melalui diskusi dan debat.

Berikut adalah beberapa tips dalam melakukan brainstorming untuk menemukan judul buku yang tepat:

  • Tentukan aturan dan Batasan. Sebelum memulai brainstorming, tentukan aturan dan batasan yang jelas. Misalnya, tentukan waktu yang disediakan, jumlah ide yang harus dihasilkan, atau topik yang harus dibahas. Hal ini dapat membantu dalam menjaga fokus dan mempercepat proses brainstorming.
  • Gunakan teknik mind mapping. Teknik mind mapping adalah cara visual untuk mengumpulkan ide-ide dan menghubungkannya dengan topik utama. Dalam mind mapping, tuliskan topik utama di tengah kertas dan tarik cabang-cabang dari topik tersebut untuk menemukan ide-ide yang berkaitan. Hal ini dapat membantu Anda dalam menemukan ide-ide yang terkait dengan topik buku.
  • Libatkan orang lain. Melibatkan orang lain dalam brainstorming dapat membantu dalam memunculkan ide-ide yang lebih beragam dan kreatif. Diskusikan topik buku dengan teman, kolega, atau bahkan audiens potensial untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan menemukan ide-ide yang lebih unik.
  • Jangan menghakimi ide-ide yang dihasilkan. Dalam brainstorming, jangan menghakimi ide-ide yang dihasilkan oleh tim. Biarkan ide-ide tersebut mengalir secara bebas dan kemudian dapatkan umpan balik dari anggota tim lainnya. Hal ini dapat membantu dalam mengembangkan ide-ide tersebut menjadi judul buku yang lebih baik.

Contoh penerapan brainstorming dalam menemukan judul buku adalah pada buku “Atomic Habits” oleh James Clear. James Clear melakukan brainstorming dengan mengumpulkan ide-ide tentang kebiasaan dan membuat mind map untuk menemukan ide-ide yang lebih spesifik. Dari sana, ia kemudian mengembangkan ide-ide tersebut dan menemukan judul buku yang sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.

Baca lainnya ?  Cara Membuat dan Menulis bagian Ucapan Terima Kasih

Dalam melakukan brainstorming untuk menemukan judul buku, penting untuk menetapkan aturan dan batasan yang jelas, menggunakan teknik mind mapping, melibatkan orang lain, dan tidak menghakimi ide-ide yang dihasilkan. Dengan brainstorming yang efektif, Anda dapat menemukan ide-ide kreatif dan unik yang dapat membantu Anda menemukan judul buku yang tepat.

Faktor Kata Kunci dan Bahasa Yang Menarik

Dalam menemukan judul buku yang tepat, tidak hanya perlu mempertimbangkan tema dan fokus buku, tetapi juga memperhatikan kata-kata kunci dan bahasa yang menarik. Kata-kata kunci dapat membantu buku Anda ditemukan oleh calon pembaca yang mencari informasi yang relevan dengan topik buku Anda. Sedangkan bahasa yang menarik dapat memikat perhatian pembaca dan membuat mereka tertarik untuk membaca buku Anda.

Berikut adalah beberapa tips dalam mempertimbangkan kata-kata kunci dan bahasa yang menarik dalam menemukan judul buku yang tepat:

  • Perhatikan kata-kata kunci dalam penelusuran online. Kata-kata kunci yang paling sering digunakan dalam penelusuran online dapat memberikan gambaran tentang apa yang paling dicari oleh calon pembaca dalam topik tertentu. Pertimbangkan kata-kata kunci yang terkait dengan topik buku Anda dan cobalah untuk menggabungkannya dalam judul buku Anda.
  • Gunakan kata-kata yang menarik dan kuat. Pilih kata-kata yang menarik dan kuat dalam judul buku Anda. Hindari kata-kata yang umum dan kurang menarik, seperti “panduan” atau “tips”. Sebagai gantinya, gunakan kata-kata yang lebih spesifik dan menarik seperti “rahasia”, “strategi”, atau “teknik”.
  • Pilih bahasa yang mudah dimengerti. Pilih bahasa yang mudah dimengerti oleh calon pembaca. Hindari bahasa yang terlalu teknis atau akademis, kecuali jika Anda menulis untuk audiens yang spesifik. Cobalah menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan mudah dipahami.

Contoh penerapan kata-kata kunci dan bahasa yang menarik dalam judul buku adalah pada buku “The Power of Habit” oleh Charles Duhigg. Judul buku ini menggunakan kata-kata kunci “kebiasaan” dan “kekuatan” serta bahasa yang menarik seperti “the power” yang dapat memikat perhatian pembaca.

Dalam menemukan judul buku yang tepat, penting untuk mempertimbangkan kata-kata kunci dan bahasa yang menarik. Gunakan kata-kata yang menarik dan kuat, pilih bahasa yang mudah dimengerti, dan perhatikan kata-kata kunci dalam penelusuran online untuk menemukan kata-kata kunci yang terkait dengan topik buku Anda. Dengan memperhatikan kata-kata kunci dan bahasa yang menarik, Anda dapat membuat judul buku yang menarik dan dapat menarik perhatian calon pembaca.


“Jangan lewatkan kesempatan untuk menghasilkan karya terbaikmu sebagai penulis buku best seller dan berdampak besar dengan bimbingan ahli dari COACH WAWANG!”

Survey Judul Buku

Memperoleh umpan balik dari calon pembaca sangat penting dalam menentukan judul buku yang tepat. Survey menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperoleh informasi dari calon pembaca tentang preferensi dan minat mereka terhadap judul buku yang ingin ditulis.

Ada beberapa alat survey yang bisa digunakan untuk melakukan survei tentang judul buku yang tepat. Beberapa alat tersebut antara lain:

  • Networking. Gunakan jaringan yang sudah dimiliki, baik itu keluarga, teman, atau rekan kerja untuk meminta pendapat mereka tentang ide judul buku yang telah dipilih.
  • Sosial media. Manfaatkan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, atau Instagram untuk membuat polling atau bertanya langsung kepada pengikut tentang preferensi mereka terhadap judul buku.
  • Google Survey. Gunakan alat survei online seperti Google Survey untuk mengirimkan kuesioner kepada calon pembaca dan memperoleh informasi yang lebih terperinci tentang preferensi mereka.
  • Google Forms. Google Forms adalah alat gratis yang mudah digunakan dan dapat digunakan untuk membuat survei online. Anda dapat membuat survei dengan beberapa pertanyaan dan mengirimkannya ke calon pembaca melalui email atau berbagi tautan.
  • SurveyMonkey. SurveyMonkey adalah alat survei online yang populer dan memiliki berbagai pilihan fitur dan tampilan. Anda dapat membuat survei dengan berbagai macam pertanyaan dan mengirimkannya ke calon pembaca melalui email atau berbagi tautan.
  • Typeform. Typeform adalah alat survei online yang juga mudah digunakan dan memiliki tampilan yang menarik. Anda dapat membuat survei dengan pertanyaan yang berbeda-beda dan membagikannya ke calon pembaca melalui email atau tautan.
  • Qualtrics. Qualtrics adalah alat survei online yang lebih canggih dan memiliki banyak pilihan fitur dan analisis. Namun, alat ini biasanya lebih mahal daripada alat survei online lainnya.
  • JotForm. JotForm adalah alat survei online yang mudah digunakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuat survei dengan berbagai jenis pertanyaan dan mengirimkannya ke calon pembaca melalui email atau tautan.
Baca lainnya ?  Chi Square Membongkar Masalah Filling 650ml

Dengan menggunakan alat survei online tersebut, Anda dapat memperoleh informasi dan umpan balik dari calon pembaca tentang preferensi dan minat mereka terhadap judul buku yang ingin ditulis. Namun, penting untuk diingat bahwa hasil survei hanya menjadi panduan dan rekomendasi, tetapi keputusan akhir tetap berada di tangan penulis.

Akhirnya Pilih Judul Buku yang Sesuai

Setelah melakukan survey dan memperoleh umpan balik dari calon pembaca, langkah selanjutnya adalah memilih judul buku yang sesuai dengan tema dan fokus buku, serta mencerminkan pesan yang ingin disampaikan dalam buku. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih judul buku yang tepat:

  • Sesuaikan dengan isi buku. Judul buku harus mencerminkan isi buku dan memperlihatkan apa yang pembaca bisa dapatkan dari membaca buku tersebut. Pastikan judul buku tidak menyesatkan atau mengecewakan calon pembaca.
  • Gunakan kata-kata yang menarik dan mudah diingat. Judul buku yang menarik akan lebih mudah diingat oleh pembaca dan meningkatkan minat mereka untuk membeli dan membaca buku. Gunakan kata-kata yang unik, menarik, dan mudah diingat.
  • Pertimbangkan kata kunci. Gunakan kata kunci yang relevan dengan tema buku untuk membantu memperbaiki SEO dan meningkatkan visibilitas buku di mesin pencari online.
  • Kreatif dan orisinal. Coba gunakan pendekatan yang kreatif dan orisinal dalam memilih judul buku, misalnya dengan memilih kata-kata yang tidak biasa atau dengan memasukkan unsur humor.
  • Sesuaikan dengan target pembaca. Pastikan judul buku sesuai dengan target pembaca dan memperlihatkan manfaat yang relevan bagi mereka. Misalnya, jika target pembaca adalah para pebisnis, judul buku harus memperlihatkan bagaimana buku tersebut dapat membantu mereka meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Contoh judul buku yang tepat adalah “Meningkatkan Produktivitas Dalam 7 Hari: Tips dan Strategi untuk Menjadi Lebih Efisien di Tempat Kerja.” Judul buku ini sesuai dengan tema buku yang membahas tentang produktivitas dan memberikan manfaat yang relevan bagi target pembaca. Judul buku ini juga menggunakan kata-kata yang menarik dan mudah diingat serta mengandung kata kunci yang relevan dengan tema buku.

Dan Anda bisa terus belajar bersama dengan kami di Jago Kaizen dan Coach Wang.

Ingin mempelajari secara langsung dan privat mengenai Menulis Buku? Atau Anda ingin ditemani seorang Coach sehingga Beroleh Kemakmuran dari Aktivasi Berdampak buku Anda?

Bersama Coach Wang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Kontak Coach Wang